Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Fatty Liver

By | Oktober 1, 2018

Bagi penderita fatty liver, pemilihan menu makanan yang ingin dikonsumsi sehari-hari sangatlah penting ! Maka untuk itu, disini kami akan memberikan anda infomasi mengenai makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita fatty liver tersebut.

Ingin tahu apa saja makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita fatty liver ? Untuk mengetahui informasinya, silakan di simak dalam artikel ini !

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Fatty Liver

Sekilas Informasi Mengenai Fafty Liver

Seperti yang kita ketahui, fatty liver atau dikenal dengan sebutan perlemakan hati merupakan suatu kondisi dimana terjadinya penumpukan lemak berlebihan yang menyelimuti hati.

Meskipun pengumpulan lemak pada organ hati ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya jika memang dalam kadar yang normal, namun jika terjadi terus menerus dan lapisan lemak bertambah banyak maka bisa menimbulkan penyakit pada organ hati dan juga sirosis.

Untuk penyebabnya sendiri, dimana penyebab fatty liver sangat beragam sekali mulai dari pola makan yang buruk, obesitas hingga sering mengkonsumsi alkohol.

Mengingat bahwa fatty liver ini termasuk penyakit yang bisa dikatakan serius, maka untuk itu penanganan dan pengobatan harus anda lakukan sekarang juga. Untuk pengobatan, bisa anda lihat di sini : Cara Mengobati Perlemakan Hati (Fatty Liver) Secara Alami

Dengan melakukan pengobatan dengan cepat dan serius, maka secara perlahan penyakit fatty liver yang anda derita bisa segera disembuhkan dan anda bisa terhindar dari komplikasi serius akibat penyakit ini.

Disamping itu, untuk mengurangi penumpuan lemak tersebut. Penderita disarankan untuk melakukan diet dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita fatty liver. Untuk informasi seputar makanan fatty liver, bisa anda di lihat di bawah ini !

Makanan Yang Baik Untuk Dikonsumsi Penderita Fatty Liver

Bagi anda yang ingin tahu apa saja makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita fatty liver, dimana untuk beberapa jenis makanan tersebut diantaranya :

1). Oatmeal

Dimana oatmeal termasuk ke dalam jenis biji-bijian yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks serta serat yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga berat badan tetap stabil. Karena dengan berat badan yang stabil, maka anda bisa terhindar dari penyakit fatty liver.

2). Susu Rendah Lemak

Beberapa kandungan minral dan vitamin dalam susu rendah lemak dipercaya mampu membantu untuk mengatasi penumpukan lemak pada organ hati anda sehingga anda bisa melindungi organ hati dari kerusakan hati lebih lanjut.

3). Apel

Di dalam apel terdapat kandungan pektin tinggi yang sangat dibutuhkan untuk membersihkan, melepaskan racun dari hati sekaligus menghilangkan tumpukan lemak pada penderita fatty liver sehingga fungsi hati bisa bekerja dengan baik.

4). Biji Bunga Matahari

Sumber antioksidan tinggi dan vitamin E yang ada di dalam bunga biji matahari mampu melindungi hati dari kerusakan sehingga sangat baik dikonsumsi penderita fatty liver.

5). Ikan Omega-3

Dimana beberapa jenis ikan berlemak seperti tuna, salmon dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega-3 tinggi ini baik dikonsumsi oleh penderita fatty liver sehingga peradangan bisa dikurangi dan kadar lemak pada hati bisa diperbaiki.

6). Alpukat

Buah yang satu ini dikenal sebagai buah yang bisa mengurangi lemak dalam tubuh, maka oleh karena itu buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai menu makanan untuk penderita fatty liver.

Hal ini karena, di dalam alpukat terdapat kandungan senyawa yang bisa membantu mengembalikan fugnsi organ hati serta mengurangi lemak dalam hati.

7). Wortel

Beta-karoten dan flavonoid dalam wortel dipercaya mampu membantu mengembalikan fungsi hati sehingga bisa mengurangi pembengkakan hati akibat adanya penumpukan lemak.

Nah itulah beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi penderita fatty liver setiap hati, karena tidak hanya sebagai cara untuk mengatasi masalah fatty liver saja, namun juga digunakan untuk menjaga kesehatan hati secara menyeluruh.

Selain itu, penderita fafty liver juga sangat dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang termasuk ke dalam pantangan makanan penderita fatty liver. Berikut ini ada sejumlah pantangan makanan untuk penderita fatty liver diantaranya :

  • Makanan yang mengandung banyak gula seperti permen, soda dan lainnya
  • Daging kambing, sapi dan daging ayam yang mengandung banyak lemak
  • Makanan yang mengandung banyak garam
  • Makanan yang mengandung santan
  • Makanan atau minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet
  • Hindari gorengan karena mengandung banyak minyak yang bisa meningkatkan lemak
  • Buah-buahan yang mengandung gas seperti durian, nanas, anggur dan nangka
  • Hindari jeroan
  • Makanan yang mengandung santan

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

post by : Cara Mengobati Penyakit Liver Kronik Secara Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *